News

Ini Dia Wujud Toyota Fortuner dari Masa ke Masa

Toyota Fortuner merupakan salah satu SUV yang paling laris penjualannya di Indonesia. Anda bisa saksikan sendiri ketika berada di jalan raya, pasti ada banyak Fortuner yang lalu-lalang di jalan.

Nah di artikel kali ini, Nusa Toyota ingin memberikan sedikit informasi perihal sejarah singkat Toyota Fortuner dari masa ke masa. Mulai dari pertama kali tiba di Indonesia, hingga tampilannya yang sekarang sudah mengalami sejumlah perubahan dari edisi perdana.

Awal Masuk ke Indonesia

Toyota Fortuner edisi perdana diproduksi menggunakan platform global yakni International Multi-Purpose Vehicle (IMV). Sebagai informasi, platform ini merupakan kombinasi dari sasis milik Hilux Vigo dan juga Toyota Kijang Innova.

Saat pertama kali memasuki pasar Indonesia, status Fortuner sendiri masih CBU alias Completely Built Up yang diimpor dari Thailand.

Pada awal kemunculannya sendiri di tahun 2005, SUV berbadan bongsor ini dibekali mesin bensin 2TR-FE dengan dua pilihan varian: 2.7 G dan 2.7 V bertenaga 161 hp. Kala itu semua jenis Fortuner menggunakan penggerak empat roda atau biasa disebut 4×4.

Tahun 2007

Tak disangka, peluncuran Fortuner di tanah air mendapatkan respon yang cukup positif dari masyarakat Indonesia. Dan demi menekan biaya produksi, partisi-partisi Fortuner mulai dirakit sendiri di pabrik Toyota Indonesia atau biasa disebut dengan istilah CKD (Completely Knock Down).

Pada edisi tahun 2007 ini, Toyota menambahkan varian mesin baru untuk Fortuner.

Toyota menyediakan Fortuner bermesin diesel 2KD-FTV 2.5G dengan transmisi manual, yang manamesin satu ini berjenis sama dengan yang dimiliki oleh Kijang Innova.

Tahun 2009 & 2010

Di tahun 2009, Toyota menambah varian transmisi otomatis untuk mesin berjenis diesel.

Keberadaan Fortuner Diesel matic ini pun disambut baik oleh masyarakat Indonesia karena tenaganya dicap lebih mumpuni ketimbang varian mesin bensin.

Tahun 2012

Genap tujuh tahun sudah Fortuner mengaspal di jalanan Nusantara. Sejumlah pihak pun menunggu gebrakan dari Toyota apakah akan menghadirkan generasi kedua untuk mobil SUV ini.

Sayangnya di tahun 2012, Toyota hanya meluncurkan Fortuner edisi facelift saja. Kendati begitu, terdapat sejumlah perubahan di edisi ini salah satunya penambahan turbocharger di varian mesin diesel.

Selain penambahan fitur tadi, Toyota Fortuner edisi TRD Sportivo mulai meluncur di tahun 2012 yang membuat tampilannya jauh lebih sporty dari edisi biasa.

Tahun 2016

Toyota Fortuner generasi kedua akhirnya baru muncul di tahun 2016. Diberi nama All New Fortuner, SUV ini pun memiliki tampilan yang jauh berbeda dari edisi perdananya.

Sisi eksterior, interior hingga mesin semuanya diubah oleh Toyota. Tampilan paling mencolok ada di bagian depan yaitu lampu utamanya yang nampak lebih sipit, serta grille-nya yang lebih terkesan macho.

Dimensi mobil ini pun juga ikut berubah karena All New Fortuner lebih panjang 100mm, lebih lebar 15mm dan 15mm lebih rendah.

Jarak sumbunya juga menjadi lebih pendek 5mm daripada edisi sebelumnya.

Tahun 2020

Di tahun 2020, Toyota Fortuner kembali mengalami perubahan. Meski hanya berstatus facelift, SUV tipe luxury ini memiliki perubahan yang cukup signifikan dibandingkan edisi 2016.

Ada dua tipe di Fortuner 2020 ini, yaitu tipe Standard dan juga Legender.

Untuk tipe Standar, Fortuner 2020 dibekali lampu utama yang terintegrasi langsung dengan DRL. Selain lampunya yang kini menyatu dengan DRL, Fortuner 2020 juga memiliki grille serta bumper yang baru.

Tenaga Fortuner 2020 pun lebih besar daripada edisi sebelumnya. Dibekali dengan mesin diesel 2.8L Turbo, kini Fortuner 2020 memiliki tenaga 27hp lebih besar dan juga memiliki torsi 50Nm lebih besar dibandingkan edisi sebelumnya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close