Tips & Trik
Apa Sih Perbedaan Spooring dan Balancing pada Mobil?
Sebagai pemilik kendaraan roda empat, pasti Anda sangat familiar bukan dengan istilah Spooring dan Balancing? Istilah ini pasti sering sekali kita temui di bengkel-bengkel, khususnya di bengkel spesialis ban.
Meski sama-sama memiliki fungsi untuk memperbaiki kinerja ban, Spooring dan Balancing itu ternyata beda loh Nusa Toyota Family. Lewat artikel tips otomotif kali ini, simak yuk perbedaan antara Spooring dan Balancing!
Untuk bisa mengetahui apakah ban mobil Anda perlu di-Spooring atau tidak, silahkan pacu mobil Anda pada kecepatan yang rendah. Jika dalam kecepatan antara 40-50 Km/Jam mobil Anda belok ke kiri atau ke kanan dengan sendirinya, itu berarti mol Anda sudah perlu melakukan Spooring.
Spooring sendiri dilakukan saat posisi setir tak sama dengan posisi roda. Oleh karena itu, posisi roda harus dikembalikan ke posisi awalnya dengan cara mengatur ulang front wheel alignment.
Sementara untuk mengecek kapan mobil perlu melakukan Balancing, silahkan pacu mobil Anda dalam kecepatan yang kencang.
Apabila saat dipacu terasa getaran yang cukup hebat di dalam kabin, ini terjadi lantaran posisi ban kanan maupun kiri sudah tidak seimbang. Mesin Balancing ban akan membaca di mana titik yang perlu untuk diseimbangkan supaya mobil tidak bergetar lagi ketika dibawa dengan kecepatan tinggi.
Nah itu tadi informasi singkat mengenai perbedaan spooring serta balancing pada mobil. Semoga artikel tips otomotif kali ini bisa bermanfaat untuk Anda ya Nusa Toyota Family.
Toyota ada untuk Anda.