NewsTips & Trik

Jangan Ragu Ganti Oli Setelah Perjalanan Jauh Yang Beresiko Menurunkan Performa Oli Mesin

Kendaraan sudah dipakai perjalanan jauh pasca liburan, pastikan untuk mengecek kualitas oli mesin setelah perjalanan jauh yang melelahkan. Seperti diketahui, kondisi berkendara yang berat pasti membuat mesin bekerja ekstra keras.

Struktur senyawa kimia oli mesin pasti akan berubah dan kemampuannya dalam menunaikan tugas ikut menurun seiring bertambahnya engine hours. Macet panjang akan menurunkan kualitas oli karena fungsi pendingin berkurang dan ada potensi oli mesin berkurang.

Karena tidak bisa bekerja optimal dalam melindungi komponen mesin, gesekan ketika mesin beroperasi akan meningkat dan meninggalkan banyak residu. Kotoran akan menghambat kinerja mesin, selain membuat komponen di dalamnya rusak lantaran kemampuan melindungi dari oli sudah berkurang.

Residu berlebihan turut mempengaruhi kinerja pompa dan filter oli mesin. Jika sudah parah, dapat mengakibatkan keduanya mampat bahkan rusak. Oleh sebab itu, Anda wajib mengganti filter oli dalam jangka waktu tertentu alias mengikuti jadwal servis berkala.

Jangan lupa, dampak lainnya yang dapat mereduksi fungsi oli mesin. Seperti kemampuan melepaskan panas mesin yang turun dan membuat kerja radiator semakin berat. Padahal, suhu mesin terlalu tinggi akan membuat mesin sulit bekerja. Hanya masalah waktu sebelum akhirnya mesin bermasalah dan rusak parah.

Meskipun tidak mudik atau perjalanan jauh lainnya, sebaiknya tetap mengganti oli mesin. Seiring waktu, senyawa kimia di dalam oli akan mengalami perubahan akibat oksidasi alamiah. Kandungan air pada oli sebagai akibat dari oksidasi akan meningkat hingga mencapai level yang berbahaya jika didiamkan.

Begitu mesin dinyalakan dan oli bekerja, kontaminasi air akan merusak senyawa oli dan menurunkan kemampuannya dalam melumasi dan melindungi komponen mesin. Akhirnya, mesin mobil rusak akibat pelumas gagal melindungi komponen mesin.

Selanjutnya, ruang mesin turut memiliki potensi timbul karat karena proses oksidasi yang gagal diredam oleh oli mesin. Jika dibiarkan, karat akan merambat ke berbagai komponen di dalam mesin dan mengakibatkan kerusakan parah.

Cairan pelumas harus selalu dalam radar pengawasan, minimal menggantinya ketika servis berkala setiap 6 bulan atau 10.000 km, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu, di bengkel resmi Toyota. Selain kualitasnya terjamin dan sesuai spesifikasi mesin, oli yang dipakai juga dijamin asli produk TMO.

Ayo kunjungi dealer Toyota Kupang untuk mengganti oli dan perawatan kendaraan Toyota Anda.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close