Tips & Trik

Tips Merawat Speaker Mobil

Saat berkendara sendiri atau bepergian jauh bersama keluarga, mendengarkan musik di dalam mobil merupakan salah satu aktivitas penting untuk menghilangkan rasa penat/kantuk.

Nah supaya audio di mobil Anda tetap dalam kualitas yang prima, pada tips otomotif kali ini Nusa Toyota ingin memberikan sejumlah cara bagaimana merawat speaker mobil yang benar.

Karena apabila speaker mobil Anda dalam kondisi yang tidak sempurna, kenyamanan Anda dalam berkendara akan cukup terganggu lantaran alunan musik yang keluar dari head unit tidak bisa mengalun secara baik.

Berikut adalah tiga tips untuk merawat speaker mobil kesayangan Anda:

Matikan Audio Sebelum Mesin Mobil Dimatikan
Tips pertama supaya speaker mobil Anda tetap dalam performa yang maksimal adalah dengan mematikan perangkat audio sebelum Anda mematikan mesin mobil. Hal ini penting untuk dilakukan karena ketika Anda menyalakan mesin untuk pertama kali, maka perangkat audio pun juga akan ikut menyala.

Padahal kita tahu bahwa tegangan awal untuk menghidupkan mesin mobil sangatlah tinggi. Otomatis ketika Anda mematikan mesin mobil saat perangkat audio masih menyala, ini akan menjadi salah satu penyebab kerusakan fatal di perangkat audio mobil.

Bersihkan Debu pada Head Unit

Tips kedua agar umur speaker mobil bisa lebih panjang adalah dengan rutin membersihkan debu yang menempel di head unit. Cara ini penting untuk dilakukan mengingat debu yang menempel di head unit dapat menyebabkan kerusakan pada fitur audio mobil Anda.

Jaga Kelembaban Kabin dan Hindari Kontak dengan Air

Tips yang terakhir adalah upayakan kelembaban kabin mobil tetap terjaga. Dengan iklim Indonesia yang tropis, kelembaban udara biasanya akan cukup tinggi umumnya saat memasuki musim penghujan.

Jika sudah ada embun yang menempel di kabin yang bahkan mendekati speaker, segera lap partisi yang basah tersebut. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi korosi (karat) pada bagian speaker dan juga berguna untuk mencegah korsleting.

Nah itu tadi tiga tips otomotif untuk merawat speaker mobil supaya umurnya lebih panjang. Semoga bermanfaat ya Nusa Toyota Family!

Toyota ada untuk Anda.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close