News

Ini Sebab Permukaan Ban Mobil Dibuat Kasar

Beberapa dari Anda mungkin sering bertanya:¬†kenapa ya ban mobil permukaannya dibuat kasar?”

Permukaan ban mobil sebenarnya tidak hanya sebatas kasar saja. Terdapat alur dari setiap ban yang tentunya dibuat dengan maksud tertentu. Nah tentu saja ada sebab dan alasan kenapa pabrikan ban mobil berbuat demikian. Lewat artikel tips otomotif kali ini, Nusa Toyota ingin mengungkap alasan sebenarnya kenapa ban mobil permukaannya dibuat beralur (kasar).

Memberi Gaya Gesek yang Lebih Maksimal

Tujuan utama ban mobil diberikan alur adalah untuk memberikan gaya gesek yang lebih maksimal. Perpaduan tekstur kasar dan pemberian alur mampu menciptakan gaya gesek bagi mobil agar dapat melaju dengan lebih mudah melewati berbagai medan. Ban juga tidak akan mudah tergelincir meskipun harus sering bersinggungan dengan permukaan jalan

Meningkatkan Sisi Estetika

Pemberian alur pada ban mobil juga dimaksudkan untuk meningkatkan nilai estetika. Apabila Anda jeli, ada berbagai macam alur pada permukaan mobil. Bahkan satu merek ban pun bisa memiliki belasan hingga puluhan jenis alur. Pabrikan ban melakukan ini supaya nilai estetika ban yang dibuatnya menjadi tinggi dan konsumen pun tertarik untuk membeli produk mereka.

Mengalirkan Air yang Menempel di Ban

Alasan terakhir kenapa permukaan ban diberi alur adalah untuk mengalirkan air yang menempel pada ban. Saat mobil menerjang jalanan basah akibat hujan atau genangan, alur pada ban difungsikan untuk membantu proses mobil dalam melaju. Permukaan beralur membuat ban lebih cepat membuang air yang menempel dan tidak lagi menahan laju mobil.

Itu tadi sejumlah alasan kenapa permukaan ban mobil dibuat kasar (beralur). Semoga informasi di tips otomotif ini bisa menambah wawasan otomotif Anda ya Nusa Toyota Family.

Toyota ada untuk Anda.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close